Sabtu, 04 Juni 2011

Contoh RPP untuk skill reading

                              RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                    Satuan Pendidikan                              : SMA
                                    Mata Pelajaran                                   : Bahasa Inggris
                                    Kelas/Semester                                   : X/1
                                    Keterampilan yang difokuskan             : Membaca
                                    Genre                                                  : News Item
                                    Topic                                                   : Natural Disaster
                                   Alokasi Waktu                                      : 2 x 45 menit                         
Standar Kompetensi
Memahami makna dalam teks tulis esei berbentuk news item dalam konteks kehidupan sehari – hari dan mengakses ilmu pengetahuan populer.
Kompetensi Dasar
Memahami dan merespon makna dan langkah retorika teks tulis esei secara akurat, lancar, dan berterima dalam teks berbentuk news item.
Indikator
·         Mampu mengidentifikasikan/memahami isi teks dalam bentuk teks news item.
Tujuan pembelajaran
A.    Kognitif
·         Diberikan news item dan siswa dapat memahami isi teks (Dapat mengetahui ide pokok dan informasi yang terkandung dalam teks).
·         Siswa dapat memahami langkah retorika (Generic structure) dari news item.
·         Siswa mengerti fitur – fitur kebahasaan yang tepat dalam news item (Simple presennt, past tense, noun clause)
B.     Afektif
·         Terlibat dalam kerja kelompok untuk menentukan langkah retorika teks news item, siswa mampu menggunakan ungkapan yang tepat fitur – fitur kebahasaan yang tepat dalam news item (Simple presennt, past tense, noun clause)
C.     Psikomotorik
·         Secara individu, siswa mampu membaca nyaring/indah dengan pronounciation/articulation yang tepat.
 Pembelajaran
Model pembelajaran              :           Direct Instruction
Cooperative learning
Sumber pelajaran                   :           Buku siswa; Internet
Kegiatan pembelajaran
Kegiatan
Pre – activity (± 15 menit )
1.      Guru menyapa dan memeriksa kehadiran siswa
2.      Guru memotivasi siswa dengan memberikan pertanyaan mengenai news item “Anak – anak siapa yang pernah membaca berita? Apa – apa ssaja yang ada dalam berita yang kalian baca?”.
3.      Guru menjelaskan tujuan kegiatan belajar hari itu.
Whilst – activity ((± 65 menit )
1.      Guru memperkenalkan news item dan generic structurenya ( memberikan contoh)
2.      Guru membagi teks yang bersumber dari internet dan siswa diminta membaca nyaring satu persatu secara bergantian.
3.      Siswa menjawab pertanyaan guru tentang fitur – fitur kebahasaan dalam teks news item.
4.      Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok menganalisis/memahami isi teks dan retorika penulisan news item yang ada.
5.      Guru memberikan beberapa kata – kata sulit yang ada dalam teks dan siswa diajak untuk memahami kata – kata tersebut.
6.      Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok dihadapan teman sekelas dan siswa memberikan masukan kepada teman yang sedang mempresentasikan hasil mereka (Jika ada yang salah guru memberikan jawaban yang benar atau meminta siswa lain untuk membenarkan).
7.      Setelah secara bergantian mempresentasikan hasil mereka, dan setelah itu guru menjelaskan retorikal news item yang benar   ( Newsworthy event, background, source ) dan memberikan masukan kepada siswa yang menyampaikan presentasi mereka.
Closure/ post activity (10 menit)
1.      Siswa diminta untuk merangkum ciri – ciri kebahasaan langkah retorika penyusunan news item.
2.      Siswa diminta menyampaikan manfaat dari mempelajari news item.

Evaluasi
a.       Instrumen penilaian kognitif dan psikomotorik
Teks news item dari koran untuk dibagikan kepada setiap kelompok.
Instruksi kerja
1.      Work in the group and tell what the text about
2.      Write down the rhetorical of news item
3.      Choose one representative from your group to present the news item and its rhetorical in front of the class.
Rubrik
1.      Membaca nyaring                    = total score 20
-          Pronounciation (10)
-          Articulation (10)
2.      Menjawab pertanyaan             = total score 50 ( skor peroleh/skor maksimal x 50)
No
Uraian
Skor

Setiap jawaban benar, tata bahasa benar
Jawaban benar, tata bahasa kurang tepat
Jawaban benar, tata bahsa salah, pilihan kata kurang tepat
Jawaban kurang tepat, tata bahasa salah
Tidak ada jawaban
10
8
6
2
0

3.      Nilai presentasi
-          Hasil diskusi = 20
-          Performance (team work, self confidence) = 10

Total score       Penilaian I                   = 20
                        Penilaian II                  = 50                 →        100
                        Penilaian III                = 30

Contoh teks news item
Landslide in Bukittinggi
Two people died while four others were wounded in a landslide at yard behind a house near teleng Market in Bukkittinggi, west sumatra on Tuesday.
Killed were 3 – year- old Yusuf, who was the son of a Kiosk owner at the market, Bujang, and 22 – year – old Meli, who was a visitor to the market. The injured were rushed to the Acmad Muchtar and Yarsi Hospitals.
Bukittinggi Deputy Mayor Esmet amziz said Tuesday it was suspected that recent heavy rainfall had caused the landslide.

Hundreds Killed in Tsunami after 8.9 Eartquake in Japan
TOKYO — A ferocious tsunami spawned by one of the largest earthquakes ever recorded slammed Japan's eastern coast Friday, killing hundreds of people as it swept away boats, cars and homes while widespread fires burned out of control. Tsunami warnings blanketed the entire Pacific, as far away as South America, Canada, Alaska and the entire U.S. West Coast.
Police said 200 to 300 bodies have been found in the northeastern coastal city of Sendai. Police said another 88 were confirmed killed and 349 were missing.
The death toll was likely to continue climbing given the scale of the disaster. The magnitude 8.9 offshore quake unleashed a 23-foot (7-meter) tsunami and was followed by more than 50 aftershocks for hours, many of them of more than magnitude 6.0.
The government ordered thousands of residents near a nuclear power plant in Onahama city to evacuate because the plant's system was unable to cool the reactor. The reactor was not leaking radiation but its core remained hot even after a shutdown. The plant is 170 miles (270 kilometers) northeast of Tokyo.
Dozens of cities and villages along a 1,300-mile (2,100-kilometer) stretch of coastline were shaken by violent tremors that reached as far away as Tokyo, hundreds of miles (kilometers) from the epicenter.
"The earthquake has caused major damage in broad areas in northern Japan," Prime Minister Naoto Kan said at a news conference.

Match A with B
       A                                                                                      B
Ferocious                                                         a. Strike hard
Spawned                                                         b. Produce in large quantities
Slammed                                                         c. Violent
Widespread                                                     d. Shaking
Death toll                                                        e. The number of people killed in the eartquake
Leaking                                                           f. Allow liquid or gas to pass through a hole
Stretch                                                             g. Existing or happening over a large area
Tremors                                                           h. Extend over an area






2 komentar: